Sistem Pengendalian Manajemen
SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
Pengendalian manajemen adalah suatu proses yang menjamin bahwa sumber-sumber
diperoleh dan digunakan dengan efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan
organisasi., dengan kata lain pengendalian manajemen dapat diartikan sebagai proses untuk
menjamin bahwa sumber manusia, fisik dan teknologi dialokasikan agar mencapai tujuan
organisasi secara menyeluruh. Pengendalian manajemen berhubungan dengan arah kegiatan
manajemen sesuai dengan garis besar pedoman yang sudah ditentukan dalam proses
perencanaan strategi.
Sistem pengendalian manajemen adalah kesatuan pemikiran dari metode akuntansi
manajemen untuk mengumpulkan dan melaporkan data serta mengevaluasi kinerja
perusahaan. Suatu sistem pengendalian manajemen berusaha untuk mengarahkan berbagai
macam usaha yang dilaksanakan oleh semua subunit organisasi agar mengarah pada tujuan
organisasi dan tujuan para manajernya.
Dasar dari sebuah pengawasan atau pengendalian adalah proses perencanaan. Hasil
dari sebuah perencanaan adalah misi, objektif, atau anggaran operasional yang secara
keseluruhan akan disertai oleh sistem pengendalian. Sebuah sistem pengendalian manajemen
yang baik seharusnya dapat membantu dalam proses pembuatan keputusan dan memotivasi
setiap individu dalam sebuah organisasi agar melakukan keseluruhan konsep yang telah
ditentukan. Sistem pengendalian manajemen meramalkan besarnya penjualan dan biaya
untuk tiap level aktifitas, anggaran, evaluasi kinerja dan motivasi karyawan.
Perencanaan strategi adalah proses pembuatan keputusan-keputusan mengenai tujuan
organisasi yang dipandang tidak cocok, penentuan garis besar strategi organisasi, serta
keputusan pengkombinasian dan penggunaan sumber-sumber yang dimiliki perusahaan
dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Sedangkan proses pengendalian adalah proses
dimana manusia membuat rencana-rencana dan keputusan-keputusan. Langkah-langkah
penting pada proses pengendalian dapat digolongkan ke delapan elemen, yaitu:
Mengidentifikasikan tujuan dan strategi.
*Penyusunan program.
*Penyusunan anggaran.
*Kegiatan dan pengumpulan realisasi prestasi
Pengukur
Tujuan Organisasi
Pengertian goals
sering disinonimkan dengan objektif. Dalam pengertian akuntansimanajemen,goals
(sering diterjemahkan sasaran) dan objectif (sering diterjemahkan tujuan)
mempunyai arti yang berbeda meskipun keduanya sama-sama dikembangkan sebagai proses
perencanaan dan pengendalian organisasi.Sasaran (goals) mempunyai arti yang lebih luas dan umum, umumnya tanpa
dinyatakan dalam periode waktu tertentu, mengenai apa yang ingin dicapai organisasi,
sasaran dikembangkan dalam proses perencanaan strategi. Tujuan (objectif) mempunyai arti
yang lebih spesifik, merupakan penyertaan apa yang ingin dicapai oleh suatu organisasi
dalam jangka waktu tertentu, dapat ditentukan dasar pengukur untuk menilai pencapaian
tujuan, tujuan digunakan digunakan proses pengendalian manajemen.
Pada umumnya perusahaan mempunyai banyak tujuan. Perusahaan yang satu
mempunyai jenis tujuan dan jumlah tujuan yang berbeda dibandingkan dengan perusahaan
lain. Beberapa contoh tujuan perusahaan adalah:
*Profitabilitas
*Efisiensi
*Kepuasan dan pengembangan karyawan
*Kualitas produk dan jasa yang memuaskan pelanggan
*Tanggungjawab social dan hubungan atau nama baik di masyarakat
*Kemampuan pasar
*Memaksimalkan dividendan harga saham
*Kelangsungan hidup
*Kemampuan adaptasi
*Pelayanan masyarakat
Daftar Pustaka Pengendalian Manajemen
DAFTAR PUSTAKA
Edy Sukarno, 2002.
Sistem Pengendalian Manajemen: Suatu Pendekatan Praktis
.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Hansen Don R. dan Maryane M. Mowen, 2005.
Akuntansi Manajemen
. Jakarta:
Salemba Empat
Horngren, Charles T., George Foster, Srikant M. Datar, 1995.
Akuntansi Biaya
dengan Pendekatan Manajerial, Edisi kedelapan, Jakarta: Salemba Empat
Ikatan Akuntansi Indonesia.2007.
Standar Akuntansi Keuangan.
Jakarta: Salemba
Empat
Madura, Jeff, 2001.
Pengantar Bisnis, Jakarta: Salemba Empat
Komentar
Posting Komentar